Halaman

Minggu, 29 April 2012

PERSAUDARAAN PYTHAGORAS


Pythagoras berasal dari pulau Samos, Yunani. Ia pergi belajar ke Mesir. Tak puas belajar disana, ia pun pergi ke Babilonia dan juga ke Cretona di Italia Selatan untuk belajar. Seperti Mesir, saat itu Cretona juga merupakan jajahan Yunani.

Pulau Samos Yunani

Di tempatnya terakhir belajar, Pythagoras mendirikan sebuah perkumpulan rahasia yang dinamakan Persaudaraan Pythagoras. Anggota persaudaraan ini dikenal dari lambang rahasia berbentuk bintang yang dibuat dari bentuk segilima.
Motto persaudaraan Pythagoras adalah Semua adalah bilangan. Mereka melakukan berbagai ritual-ritual keagamaan yang sarat dengan hal-hal bersifat mistik. Semua dilaksanakan secara rahasia. Persaudaraan tak segan-segan membunuh anggota yang dianggap berkhianat atau berniat membongkar rahasia persaudaraan. Para pengikut persaudaraan menjadi arogan dan sekaligus sangat dibenci orang-orang di luar persaudaraan. Hingga masyarakat Cretona membakar sekolah Pythagoras dan membunuh anggotanya. Akhirnya pemerintah menetapkan persaudaraan Pythagoras menjadi perkumpulan yang terlarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar