Halaman

Jumat, 27 April 2012

MEMBELI DAN MENJUAL


Pada jaman prasejarah, orang melakukan jual beli dengan cara barter atau menukar barang. Misalnya seekor kambing ditukar dengan sebuah kulit harimau.

barter

Sebelum mengenal uang, tanda pertukaran digunakan dalam jual beli.
Di daratan Amerika, bangsa Indian menggunakan kerang cowrie untuk membayar barang yang mereka beli atau untuk membayar upah. Mereka melakukan hitungan-hitungan sederhana.



Baru pada abad ke-7 SM orang mulai mengenal uang logam. Mereka sudah mengenal hitungan-hitungan dengan memakai lambang bilangan. Orang-orang Lydia yang pertama kali membuat uang logam dan dengan cepat menyebar ke negara-negara Mediterania. Sekarang Lydia masuk dalam wilayah Turki. 




uang logam Romawi dicap dengan gambar kepala kaisar

uang logam Inggris abad ke-17

Untuk mencegah orang menggunakan pinggiran uang logam untuk menambal barang, orang menciptakan mesin pengikir pinggiran uang logam.
Jika kita membawa uang logam dengan jumlah sangat besar, tentu kita akan menemui kesulitan dengan jumlahnya yang banyak ataupun bobotnya yang tidak ringan. Mulailah orang mempunyai ide mengganti sejumlah uang logam dengan selembar uang kertas. Kubla Khan, kaisar Mongolia abad ke-11 menerbitkan uang kertas secara besar-besaran. Kala itulah uang kertas pertama kali muncul. Baru tahun 1661 uang kertas terbit di Eropa.


uang kertas Cina

Uang kertas yang muncul tahun 1300-an di Cina berukuran 22,8 x 33 cm, setara dengan 1000 keping uang logam, memiliki ukuran terbesar di dunia yang pernah diterbitkan.


uang kertas yang muncul di Eropa

James Ritty, pemilik sebuah tempat minum di Amerika membuat mesin penghitung uang tunai pertama tahun 1879. Ia membuat mesin itu untuk menghindari pencurian uang tunai oleh karyawannya yang tidak jujur.

James Ritty

mesin penghitung pertama dengan pemutar untuk menghitung uang dan laci berkunci untuk menyimpan uang tunai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar