Halaman

Sabtu, 21 April 2012

BENTUK-BENTUK DI SEKITAR KITA

Alloh SWT. Menciptakan alam raya dengan begitu sempurna. Kalian dapat menemukan benda-benda yang menyenangkan bila dipandang. Perhatikan bentuk-bentuknya yang beraneka rupa. Rangkaian bermacam bunga dengan bentuk tak sama, sehelai daun, titik-titik air hujan, lengkungan pelangi dan tentu saja masih banyak bentuk lain yang tak kalah indahnya.





Mahkota-mahkota bunga memiliki bentuk-bentuk lengkungan atau kurva.


Pada sarang lebah, susunan bentuk segienam atau heksagon beraturan yang sempurna menyebabkan kotoran tidak bisa masuk dan menyebabkan lebah dapat menyimpan lebih banyak madu dibandingkan jika sarang mereka memiliki bentuk yang lain.

Sarang laba-laba memiliki bentuk segibanyak atau poligon. Dengan ketipisan yang sama, benang sutera yang dihasilkan laba-laba bahkan lebih kuat dari baja dan lebih lentur dari karet. Sungguh salah satu ciptaan Alloh SWT. yang paling sempurna.

Rumah siput berbentuk spiral. Spiral merupakan kurva atau bentuk lengkungan yang istimewa.

Sejak berabad-abad yang lalu para seniman memperhatikan bahwa suatu benda akan terlihat indah jika memiliki perbandingan yang seimbang. Salah satu perbandingan yang istimewa sekira 1 : 0,62 dikenal sebagai Golden Section.

4000 tahun yang lalu, arsitek Mesir Kuno memiliki perbandingan keramat yang diterapkan dalam pembangunan piramida. Perbandingan tinggi : setengah alasnya adalah 1,62 : 1

2500 tahun yang lalu, seniman-seniman Yunani lah yang menyebarluaskan perbandingan istimewa dalam karya-karya mereka. Pembangunan gedung Parthenon menerapkan perhitungan golden section.

Bentuk daun bunga merupakan salah satu contoh alam yang memiliki perbandingan golden section. Perhatikan keseimbangan bentuknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar